Jumat, 10 Juni 2011

Donor darah

DONOR DARAH
By: Fallah Adi Wijayanti

Donor darah kalimat yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Donor darah merupakan perbuatan yang mulia banget deh. kalo dilihat-lihat gak ada negatifnya kalo kita donor darah, ya walaupun ketika ada niat untuk donor darah masih tidak memenuhi syarat jadinya gak bisa ikutan Donor darah
Apa sih Donor Darah itu?
Donor darah merupakan proses dimana penyumbang darah secara suka rela diambil darahnya untuk disimpan di bank darah, dan sewaktu-waktu dapat dipakai pada transfusi darah.
Siapa saja yang bisa Donor Darah?
Orang yang mau mendonor harus memenuhi syarat-syarat yang ada:
1. Harus memenuhi syarat-syarat pendonor : Umur 17 tahun ke atas, Berat Badan min 45kg, suhu tubuh 36,6-37,5 ͦ C, Tekanan darah dalam rentang Sistole 110-160mmHg Diastole = 70-100 mmHg, denyut nadi 50-100x/menit, dan Hemoglobin minimal Wanita=12 atau Pria =12,5.
2. Tidak memilki penyakit menular seperti : HIV/AIDS, hepatitis, Tbc.
3. Tidak sedang menstruasi, tidak sedang hamil atau baru melahirkan
4. Tidak habis operasi
5. Kondisi kesehatan baik, ya tidak memilki riwayat ataupun penyakit yang bahaya.
Kapan Donor Darah bisa dilakukan?
Donor darah bisa dilakukan saat kita memenuhi syarat untuk mendonor dan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan
Dimana kita bisa mendonorkan darah?
Donor darah dapat dilakukan rutin di PMI terdekat, RS, atau sekarang sudah banyak lembaga, organisasi, dan bahkan tempat-tempat umum yang menyelenggarakan donor darah.
Kenapa sih donor darah itu penting?
Donor darah penting banget buat tubuh kita loh, ada beberapa manfaat yang bisa didapat:
1. Mengurangi resiko penyakit jantung
Kadar besi yang ada didalam darah ternyata tidak boleh berlebih karena kalo berlebih bisa membuat rentan terhadap penyakit jantung. Tahukah kalian ternyata zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri. Penumpukan yang ada bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darahnya gak bisa maksimal deh melewati pembuluh darah yang semakin menyempit. Kalo keadaan ini dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Jadi, Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.
2. Meningkatkan produksi sel darah merah
Sel darah merah penting dalam oksigenasi dan mengangkut sari-sari makanan. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah saat donor karena tubuh akan terpacu untuk memproduksi sel-sel darah baru. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.
3. Mendapatkan kesehatan psikologis
Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan. Hal ini juga bisa membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Donor darah tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri.
Bagaimana proses dari donor darah?
Orang yang mau mendonor bisa menuju tempat donor darah. Pendonor mengisi formulir, kemudian melakukan pemeriksaan mulai dari cek berat badan, golongan darah, tekanan darah, Hb, dan kondisi umum. Nah kalo kita lolos sesuai syarat yang ada baru deh kita bisa donor. Saat kita donor ada tenaga ahli dan terampil jadi jangan kwatir. Darah yang diambil biasanya sekitar 250-500 cc sesuai dengan kondisi kita juga. Buat yang udah donor biasanya mendapat kartu donor, makanan penambah tenaga, dan obat penambah darah. Kartu donor ini sebagai tanda kalian telah mendonor dan nanti akan ada penghargaan buat yang telah banyak mendonor. Darah kalian yang sudah diambil dibawa ke bank darah. Lanjut deh proses Screaning dan alur penggunaan darah.

Donor darah dilihat dari penjelasan diatas banyak banget manfaat nya ya. Jadi, jangan ragu ketika kalian memang sudah sesuai dengan syarat yang ada untuk segera Donor darah. AYO KITA DONOR DARAH.. setetes darah kita menolong sesama!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar